Pengertian dan Fungsi Allow_URL_Fopen di PHP



Hai temen-temen,
Kali ini gue membakal sekilas pengertian dan Fungsi sebuah baris config di php.ini. Mungkin beberapa programmer ga begitu make ini, tapi bagi gue yg building website secara manual tanpa CMS mungkin penting buat jadi catetan gue dan temen-temen yang mungkin juga make.


Config allow_url_fopen itu adalah config untuk memungkinkan objek pada URL diakses sebagai file. Config ini termasuk dalam kelompok Filesystem and Streams Configuration Options, ada sejak PHP 4.0.4.

Secara default config ini aktif di PHP, namun kalau belum bisa diaktifkan dengan search allow_url_fopen di php.ini, kalo belum ada bisa ditambahkan di sebuah baris baru allow_url_fopen = ON.



Config allow_url_fopen ini berguna sebagai aktifasi untuk :

1. Penggunaan include dengan url website,

<?php
include 'http://www.domainanda.com/file.php';
?>

Kebanyakan orang memang lebih memilih cara singkat dengan meng-include langsung file localnya aja. Namun, kalo tetap menggunakan jenis script kaya gitu diharuskan aktifin allow_url_fopen, atau bila ga aktif akan muncul error,

URL file-access is disabled in the server configuration.

allow_url_fopen ga di aktifin, script ini bisa diganti make local path. Misal,

<?php
include 'file.php';
?>


2. Penggunaan file_get_contents.
allow_url_fopen, juga berguna untuk mengaktifkan file_get_contents yang biasa digunakan untuk mengambil isi content suatu page website sendiri atau orang lain.

<?php
$homepage = file_get_contents('http://www.example.com/');
echo $homepage;
?>

Bila di load, script diatas akan menampilkan keseluruhan isi website dari www.example.com. Tapi, kalo ga di aktifin allow_url_fopen, maka takan tampil apapun termasuk error, dan ini sampe sekarang gue belom nemu cara gantiinnya kalo config allow_url_fopen ga di aktifin.

Oke mungkin itu tips singkat dari Nubie Programmer kek gue. Have fun programming.

Next Post