Setting xRDP Remote Desktop untuk Linux Distro Ubuntu 14.04


Hai, teman-teman
Kali ini gue mau share tata cara setting xRDP yang menurut gue gampang dipake untuk Remote Linux Ubuntu dan udah gue terapin di Ubuntu Desktop 14.04 gue.

Seperti yang gue tau, kadang server desktop lebih mengasyikkan daripada server berbasis terminal, mungkin karena gue yang udah terbiasa otak-atik windows yang GUI banget sampe gue ga bisa inget perintah-perintah dasar linux. Itu sebabnya gue ga begitu paham make linux.

Dan buat temen-temen yang megang paham GUI is better, maka gue sedikit ngasih tutorial buat setting Remote Desktop untuk Ubuntu Desktop. Lumayan buat hemat beli layar heuheuheu.

Pertama-tama gue instal dulu xRDP melalui konsol dengan perintah :

sudo apt-get update 
sudo apt-get install xrdp

Setelah melakukan penginstalan itu, gue terus lalu instal xfce4 buat desktop environmentnya.

sudo apt-get install xfce4 

Ini script iseng aja sebenernya opsional, karena tutorial ini gue dapet dari site lain, ya gue ikutin instal environment icon-iconnya, heuheuheu jadi ada vectoran tikusnya heuheuhe ...

sudo apt-get install xfce4-terminal
sudo apt-get install gnome-icon-theme-full tango-icon-theme

Nah, udah instal-instal itu sekarang gue setting xRDP dan xfce4 nya, pertama gue input xfce4-session ke .xsession make script ini. Biar ringkas daripada make nano editor.

echo xfce4-session >~/.xsession

Udah itu, gue mau input startup xfce di xrdp nya, pertama gue edit dulu make nano

sudo nano /etc/xrdp/startwm.sh

Lalu di nano editornya gue inputin jadi gini, pokonya gini selain ini di apus.

#!/bin/sh
if [ -r /etc/default/locale ]; then   
 . /etc/default/locale   
 export LANG LANGUAGE 
fi 

startxfce4

Nah, udah gitu tinggal restart

sudo service xrdp restart 

Udah deh, tinggal dicoba make Remote Desktop Windows atau dari linuxnya lagi. heuheuheu gue make script ini kelar dah masalah gue heuheuheu.

Nih hasil nya di gue, heuheuheu kaya kata gue ada tikusnya kan heuheuheu.
Next Post Previous Post