Aktifkan Fungsi Modul Rewrite Htaccess di Apache dan Xampp



Hai manteman Nubie,
Gue baru instal lagi Xampp gue di Laptop, karena yang OS Windows gue seperti biasa kena Mallware. Ya biasalah, karna kebanyakan oprek-oprek. Dan karena hal itu settingan Xampp gue balik ke awal lagi.

Gue make Xampp 1.6.8 dari tahun lalu, soalnya kita tau 1.6.9 ke atas versi php Xampp meningkat, sedangkan banyak dari hosting dalam ama luar negeri yang masih stay di PHP 4, jadi untuk memudahkan, gue tetep anteng di Xampp 1.6.8 #Cool.

Settingan awal Xampp sebenernya sudah enable .htaccess tapi dalam Xampp 1.6.8 gue, module mod_rewrite.so nya ga keload, iya bener dalam hestek. Jadi, biar jelas gimana-gimananya gue jelasin dibawah.

Kalo web kita make .htaccess trus apache belom di setting untuk enable mod_rewrite bakal muncul error kek gini, manteman.

Server error!

The server encountered an internal error and was unable to complete your request. Either the server is overloaded or there was an error in a CGI script.
If you think this is a server error, please contact the webmaster.

Error 500

localhost
06/11/16 08:19:53
Apache/2.2.9 (Win32) DAV/2 mod_ssl/2.2.9 OpenSSL/0.9.8i mod_autoindex_color PHP/5.2.6


Nah untuk perbaikannya step-stepnya kek gini:
1. Cari httpd.conf di folder apache, trus cari script kaya gini :

 # AllowOverride controls what directives may be placed in .htaccess files.
You may also like...
Cara Convert Hex Entities ke HTML Entities dengan PHP
Cara Menghapus White Space dan Karater dengan Trim() di PHP
Setting Cache Website di Browser Cache dan Compress Website dengan Htaccess
    # It can be "All", "None", or any combination of the keywords:
    #   Options FileInfo AuthConfig Limit
    #
    AllowOverride All

dan pastikan AllowOverride dalam keadaan All, bukan None atau lainnya.


2. Lalu cek Load modulenya dengan search "mod_rewrite.so" dan ubah dari

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Jadi

LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so


Lalu restart Apache melalui Xampp atau apachenya sendiri, ato bila perlu restart PC nya, biar puas. Dan tada, website make .htaccess sudah bisa digunakan.

Sip, dah segitu aja share gue kali ini. See Ya.
Next Post Previous Post