Cara Menghapus White Space dan Karater dengan Trim() di PHP


Sup manteman,
Balik lagi gue dengan tulisan simple php. Kali ini gue bakal nulis perintah dasar yang mungkin bisa digunain buat manipulasi kata atau kalimat di web atau software php temen-temen.

Kenalin, temen gue buat nyempurnain tulisan gue kalo-kalo gue harus ngehapus spasi berlebihan di website gue.

TRIM().

yak, trim itu di pake buat ngehapus karakter spasi, tabulasi, null dan lain-lain. Secara garis besar sih, nulis perintah trim itu kaya gini.
$text = "   saya makan daging  ";
$result = trim($text);
echo $result; //saya makan daging

Text diatas bakal jadi "saya makan daging", tanpa spasi kanan kiri yang berlebihan lagi. Tapi, kekuatan super dari trim() ini juga bisa dipake kaya gini.

$text="______saya makan daging_____";
$result = trim($text,"_");
echo $result; //saya makan daging

ya tentu saja script diatas bakal ngehapus ___ yang ada di sebelah kanan text. hebatnya, trim() juga bisa dipake buat ngilangin angka yang ada dikanan kiri text. Wow kan itu?! Jadi kaya gini.

$text="1234 saya makan daging";
$result = trim($text,"0..9");
echo $result; //saya makan daging

Indah banget kan? kita ga perlu lagi make algoritma panjang" buat ngehapus hal sederhana dikanan kiri text. Dan juga, trim() ini punya 2 buah turunan yang bisa dipake buat nentuin disebelah mana aja yang perlu diapus, ltrim() untuk ngehapus karatker yang dikiri, rtrim() untuk ngehapus karatker yang dikanan.

Cara pake ltrim() dan rtrim() ga jauh beda kok ama trim() jadi temen-temen bisa praktekin sendiri. Jadi selamat mencoba, see ya.


Next Post Previous Post