Senin, 12 Juni 2017

Blocking Website dengan Mikrotik Layer 7

Pin ThisShare on TumblrShare on Google PlusEmail This

Script kali yang bakal gue paparin ini adalah Script blocking website di MikroTik. Dengan menggunakan Layer 7 dan Firewall, gue akan mulai penjelasannya.

Untuk melakukan blocking website, kita harus menentukan target dahulu dan pastikan website itu tidak di block oleh dns, karena bisa jadi kita ngabis-ngabisin tenaga buat block website yang udah di block oleh dns server. Sebagai contoh, kali ini gue mau block Youtube.com dimana banyak keluhan atasan, kalo bawahannya sering liat Youtube di jam kerja, jadi kerjanya pada males. Padahal mah engga, saya contohnya, heuheuheu

Setelah login, pilih menu IP lalu pilih submenu Firewall, bila sudah page Firewallnya sudah terbuka, pilih tab Layer 7 Protocols. Pada halaman Layer 7 Protocols pilih tanda tambah (+) untuk membuat setting baru lalu setting layer 7 seperti dibawah ini,

Isikan Name dengan Nama yang dikehendaki, yang mudah diingat, misal (youtube).
dan untuk RegExp-nya isikan dengan (boleh copas aja)

^.*(youtube).*$

Setelah itu klik OK.


Oke, untuk inisialisasi Layer 7 Protocolnya udah, sekarang kita atur actionnya. Masih di menu IP, Firewall. Pilih tab Filter Rules, lalu klik tambah (+) untuk menambah settingan action.

Pada Tab General, pastikan seluruhnya kosong dan hanya Chain yang berisikan Forward.
Lalu Setelah itu, pilih Tab Advanced, dan pastikan baris Layer 7 Protocol Terisi Name yang tadi kita buat.

Setelah itu pilih tab Action, lalu pada baris action pilih drop,

Dan, tada ... settingan kita selesai. Bisa kita coba untuk browsing Youtube sekali lagi, apakah bisa? kalo sesuai ini biasanya mah udah cannot display webpage hasilnya.

Untuk mengembalikan akses Youtube, temen-temen bisa nonaktifkan Firewall Youtubenya dengan klik youtube di tab filter rules nya, lalu klik tanda silang diatasnya, atau dengan menu klik kanan.

Yap segitu aja. See ya





0 komentar:

Posting Komentar