3 Step Cara Aktifkan File_Get_Contents dan FOpen pada PHP



Sebelumnya gue udah pernah nulis Pengertian dan Fungsi Allow_URL_Fopen di PHP yg ngejelasin gimana sih cara make fungsi file_get_contents() ataupun Allow_URL_Fopen. Nah, sekarang gue mau kasih tau cara gimana sih cara aktifin biar fungsi itu bisa digunakan.


Secara default, di hosting website menonaktifkan fungsi fopen() ini. Mungkin beberapa hosting on, tapi kebanyakan sih off. Nah, untuk itu maka tutorial ini hadir, tutorial yg cukup singkat ini akan ngejelasin gimana sih caranya aktifin fopen.

1. Buatlah file php.ini pada folder public_html, bila sudah ada bisa langsung di edit ya.

2. Tulis lah pada baris baru command dibawah ini,

allow_url_fopen = On

3. Done, maka allow_url_fopen akan aktif.


Selain 3 step diatas, ada satu cara lagi yg dapat digunakan, yaitu melalui CPanel, lalu pilih Menu Select PHP Version, lalu pilih switch to PHP Options. Setelah itu carilah extension allow_url_fopen dan beri tanda centang.  Untuk cara ini dibeberapa CPanel sudah tidak mendukung, jadi mungkin lebih baik untuk mencoba 3 step diatas.

Apabila kedua cara ini masih tetap tidak bisa, kemungkinan fopen di nonaktifkan dari hosting temen-temen, silahkan hubungi layanan hosting temen-temen untuk lebih jelasnya.


Next Post Previous Post