Install dan Update PHP 7.2 Pada Ubuntu 18.04 LTS


Disini gue mau ngasih tau, gimana caranya install ataupun update PHP yg ada pada Ubuntu 18.04 LTS menjadi PHP 7.2.

Gue pikir ini cukup simple dilakukan, tapi tetep inget urutan commandnya ya jngn dilewat satu pun. Nah, Pada konsol Ubuntu 18.04 LTS ketikkan command berikut ini secara berurutan


sudo apt-get install software-properties-common

sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

sudo apt-get update

sudo apt-get install -y php7.2


Setelah semua sukses terinstall maka di Ubuntu 18.04 LTS nya sudah terinstal PHP 7.2 dengan baik, hanya saja gimana cara setting default PHP version nya?


Cara Update Versi PHP pada Ubuntu 18.04 LTS

Nah, di Ubuntu 18.04 LTS gue sudah ada PHP 5.6 yg secara default digunakan dan ada PHP 7.2 yg baru diinstal dan blom di enable. Untuk itu, gue akan mengganti versi PHP 5.6 yg lg running menjadi PHP 7.2.


Pada Konsol Ubuntu ketikkan command berikut ini secara berurutan


sudo a2dismod PHP5.6


Command diatas ini adalah untuk mendisable PHP 5.6 yg nantinya kita ganti jadi PHP 7.2


sudo a2enmod PHP7.2


Lalu restart apache nya dengan command


sudo service apache2 restart


Nah, setelah melewati 2 cara diatas, maka di Ubuntu 18.04 LTS gue udah terinstall dan tergunakan PHP 7.2. Asal nurutin langkah-langkahnya sih ini bakal mudah. Selamat mencoba ya.


Next Post Previous Post