Ubah Max Limit Download dan Upload Mikrotik Secara Batch

Untuk merubah batas maksimum (max limit) pada simple queue di MikroTik secara batch, Kamu dapat menggunakan perintah di Terminal MikroTik atau menyusun skrip (script) untuk otomatisasi. Berikut adalah contoh cara melakukannya:


Ubah Max Limit Download dan Upload Mikrotik Secara Batch Menggunakan Terminal MikroTik



Kamu dapat masuk ke Winbox dan kemudian klik pada menu "New Terminal", atau Gunakan koneksi SSH atau Telnet ke perangkat MikroTik.

Gunakan perintah berikut untuk mengubah max limit secara batch:

/queue simple set [find] max-limit=new_max_limit

Gantilah new_max_limit dengan batas maksimum baru yang Kamu inginkan.

Contoh:

/queue simple set [find] max-limit=2M/2M

Kamu juga dapat menambahkan variabel yg harus dicari semisal nama dari simple queque nya, misalnya "Global" sehingga yg dirubah hanya yg memiliki nama Global, seperti dibawah ini.

/queue simple set [find name="Global"] max-limit=50M/50M

Perintah ini akan mengubah semua simple queue yang ada dengan batas maksimum baru menjadi 2 Mbps untuk download dan 2 Mbps untuk upload.


Ubah Max Limit Download dan Upload Mikrotik Secara Batch Menggunakan Script

Kamu juga dapat membuat skrip untuk melakukan tugas ini secara otomatis. Berikut adalah contoh skrip menggunakan bahasa skrip MikroTik (RouterOS Script):

:foreach queueId in=[find] do={

  /queue simple set $queueId max-limit=new_max_limit

}

Simpan skrip tersebut dan jalankan di Terminal MikroTik. Pastikan untuk menggantikan new_max_limit dengan nilai batas maksimum yang diinginkan.

Contoh:

:foreach queueId in=[find] do={

  /queue simple set $queueId max-limit=2M/2M

}

Skrip ini akan mengubah semua simple queue yang ada dengan batas maksimum baru menjadi 2 Mbps untuk download dan 2 Mbps untuk upload.

Harap diingat bahwa Kamu harus berhati-hati ketika melakukan perubahan secara batch, pastikan untuk memahami dampaknya pada jaringan Kamu dan pastikan bahwa perubahan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan jaringan Kamu.

Next Post Previous Post